BABY FIRST FEEDING PRODUCT YES OR NO?

Sunday, March 20, 2016
Hai ! Posting pertama kali aku ini akan membahas tentang  

BABY FIRST FEEDING PRODUCT.

Karna Sada sudah 3 bulan menjalani MPASI, rasanya aku perlu untuk cerita perlengkapan makan apa saja yang memang benar - benar Helpful dan apa saja yang tidak. Perlengkapan makan yang aku sebutin disini adalah perlengkapan makan yang basic yang memang harus kita punya, perbedaannya adalah mungkin kalian punya favourite dengan brand yang lain :)

Menjadi new mom, ketika memasuki fase first food rasanya kembali lagi muncul excitement dan ketakutan yang baru hehehe.. Sangking excited nya, rasanya mau beli semua perlengkapan makan untuk Sada tapi aku masih belum tau benar - benar berguna apa ngga. Akhirnya setelah menjalani selama 3 bulan, ternyata ada beberapa perlengkapan makan yang memang aku kurang suka dan mulai tau kekurangannya disetiap produk. Dan apalagi kita sebagai new Mom yang mempunyai anak bukan newborn lagi, rasanya sekarang kalau membeli barang pasti mikirnya lebih dari 2x karna gak mau rugi hahaha :D

Berikut list Baby first feeding product yang sangat Basic pasti terpakai :
1. Sippy cup / Training cup
Image from Google.com



Untuk Training cup pertama kali yang aku beli untuk Sada adalah BEABA 3 IN 1 EVOLUTION.  Menurut aku ini investasi jangka panjang, karna Training cup dari Beaba ini mempunyai 3 fungsi, 

yang pertama
Teat tip berfungsi membantu minum seperti layaknya botol dot, dengan menggunakan Handle yang mempermudah Sada untuk belajar memegang botolnya sendiri

yang kedua
Spout berfungsi sebagai transisi dari botol dot.


yang ketiga
Teat tip dan spout keduanya dapat adjustable, sehingga sippy cup ini dapat digunakan sebagai gelas sampai usia 2 tahun keatas :)

Kekurangan dari Beaba 3 in 1 evolution ini menurut ku adalah, lubang Spout cukup besar untuk mengeluarkan air, sehingga mudah bocor. Spout tidak ada tutupnya jadi menurutku kurang hygenis kalau dibawa berpergian. dan yang terakhir handle dengan mudah terlepas, so aku lebih prefer untuk tidak membawa handle pada saat berpergian.

2. Burpy bibs
image from google.com


Celemek adalah barang yang wajib kamu punya juga, karna pertama kali anak kita belajar makan pasti heboh! hehehe Nah yang aku suka banget,dan sering aku mention di instagram ku adalah Burpy bibs dari Aden + Anais. Aku sangat sukaaaa sekali dengan burpy bibs ini. Aku punya burpy bibs ini dari Sada sebelum lahir. karna Burpy bibs dari Aden + Anais ini punya 2 fungsi 

Yang pertama
Waktu Sada masih newborn, burpy bibs ini berfungsi sebagai alas burp yang bisa kita letakkan dipundak untuk menghindari serangan gumoh mendadak dari anak kita hahaha. kadang - kadang bisa bikin kita bete kalau terkena gumoh karna kita ga bawa baju ganti. selain itu suami ku Pandu juga suka karena motifnya yang tidak terlalu baby, jadi dia bisa Pede pakainya dipundak :)

Yang kedua  
Pada saat Sada mulai Mpasi , burpy bibs ini bisa digunakan sebagai celemek makan. Karna terdapat kaitan dibelakangnya sehingga tidak mudah copot kalau dipakaikan. biasanya Celemek makan hanya mengcover bagian depan baju, atau ada celemek makan yang berbentuk baju yang aku pribadi kurang suka karna Sada jadi agak susah untuk bergerak. Untuk burpy bibs ini sangat lebar dan bisa mengcover hampir seluruh baju, jd no need to worry kalau makannya mulai berantakan hehehe..

Kekurangan dari Burpy bibs Aden + Anais kalau menurut ku, karna memang produk dari Aden + Anais sangat popular dengan bahannya yang lembut kalau terkena makanan berbagai macam warna terkadang suka susah hilang. karna hampir seluruh motif burpy bibs Aden + Anais lebih cenderung dominan kewarna putih. Tapi... hal tersebut gak jadi masalah sih buat aku hehe, tetap masih menjadi must have items buat aku :D


3. Mangkuk Makan
image from google.com
image from google.com
TOMMEE TIPPEE VS BROTHER MAX

Ketika mempersiapkan peralatan makan Sada untuk MPASI, aku sempat bingung untuk memilih mangkuk mana yang tepat untuk Sada makan nanti. Tommee tippee explora jadi pilihan aku pertama kali. Karna berbagai macam jenis, aku coba cari yang sesuai umur yaitu 4M+. Di awal bulan pertama aku selalu pakai tommee tippee kalau memberi makan Sada dirumah atau pun pada saat berpergian. Tetapi memang, aku pribadi kurang cocok dengan mangkuk tersebut, karna Sendok mudah sekali terlepas dari tutup nya sehingga fungsi tutup sendok yang memang jadi ciri khas dari Tommee tippee aku tidak merasakan manfaatnya. hehe Lalu sendok aku kurang suka karna porsi makan Sada diawal MPASI sangat sedikit, dan Sada lumayan kesulitan makan dengan memakai sendok tersebut. Walaupun demikian selama 1 bulan aku tetap memakai mangkuk tersebut untuk memberi Sada makan.

Aku mencoba untuk mencari pengganti mangkuk makanan Sada yang cocok. Dan pilihan ku jatuh ke Brother max yang affordable. Karna menurut aku mangkuk dari Brother max ini cukup unik, memiliki lubang dipinggir piring sehingga memudahkan kita untuk memegang tinggal memasukkan jempol kita saja dapat menghindari mangkuk yang terjatuh karna dimainin Sada :D Selain itu fungsi nya sama seperti mangkuk lain menurut ku.
 
 



4. Sendok Makan

Boon Swap (image from Google.com)
Beberapa orang yang bilang sama aku, persiapan alat makan MPASI pasti banyak gonta ganti sendok. ternyata betul! Sendok Boon ini adalah sendok kedua punya Sada selain sendok yang terdapat di mangkuk makan Tommee tippee nya. Menurut aku Boon swap ini worth it untuk di beli juga, kenapa? karna Boon swap mempunyai 2 sisi jenis material sendok yang berbeda, satu sisi dengan bahan stainless steel dan silicone. Flat tip yang memudahkan bayi yang baru belajar makan, akan dengan mudah makan karna makanan dapat langsung masuk semua kedalam mulutnya dengan mudah. Perfect for tiny mouth, karna Sada diawal baru belajar makan dia makan gak bisa terlalu banyak karna masih belum terbiasa untuk membuka mulut atau memakan dengan teksture yang berbeda selain susu. Jadi menurut aku Boon ini sangat cocok untuk anak yang baru belajar Makan.

Kekurangannya menurut aku, untuk dipakai diusia lebih dari 8 bulan seperti Sada yang porsi makannya sudah banyak. Porsi sendok ini terlalu sedikit, jadi Sada suka cepat bosen sekarang kalau pakai sendok ini karna makannya jadi lebih lama.

OXO TOT feeding spoon on the go (image from google.com)
Karna Sada setiap hari aku bawa ke kantor, memiliki sendok yang terdapat tempatnya menurut aku penting banget. Akhirnya sendok ke tiga Sada adalah Oxo Tot feeding spoon on the go. Diawal aku tertarik sekali karna memilki tempat dan warna nya lucu - lucu. Aku memilih warna orange dan biru aqua. Sendok ini memiliki kapasitas yang lumayan banyak, sehingga makanan bisa lebih banyak masuk ke mulutnya hehe.

Kekurangannya Ketika sendok tersebut datang aku lumayan kecewa karna warna nya lumayan jauh berbeda dari yang aku lihat di foto produk nya. Lalu handle sendoknya bukan typical easy to grab.

Munchkin love-a-bowls (image from google.com)

  Yang terakhir adalah sendok dari Munchkin, Love - a - bowls . Waktu itu aku pernah lupa bawa sendok makan Sada.hehehe Akhirnya aku pinjam teman ku kebetulan rumahnya dekat dengan kantor ku. Bisa dibilang ini love at first sight hahahhaa norak yaa! tapi betuul.. aku benar - benar jatuh cinta. Karna sendoknya lumayan flat tidak cekung kebawah, dan sendoknya memiliki kapasitas yang lumayan banyak. Pertama kali coba untuk suapin Sada, makanannya bisa masuk semua ke mulutnya :D





5. Hand and mouth wipes
image from google.com





 Hand and mouth wipes pilihan ku adalah dari Pigeon. Alasannya karna wangi nya natural dan juga rasanya manis kalau terkena mulut. Karna biasanya baby wipes masih tercium atau berasa aroma alcohol ya walaupun sebenarnya untuk baby wipes alcohol free. Jadi aku gak perlu worry kalau sada memasukkan tangannya setelah dibersihkan.



6. Food storages

Tommee tippee food storage (image from google.com)
  

Pada awal Mpasi membutuhkan food storages sangat penting. Karna first stage food berbentuk puree sehingga membutuhkan food storages supaya lebih rapih dan praktis jika dihangatkan kembali. Pertama yang aku beli adalah dari Tommee tippee, material dibagian bawah adalah silicone jadi memudahkan kita untuk mengeluarkan puree jika dalam keadaan frozen. So far aku suka dengan produk ini karna warna nya yg menarik dan praktis untuk mengeluarkan puree.

kekurangannya adalah ternyata food storages ini tidak serapat yang kita lihat, kalau aku membawa puree buah - buahan yang masih ada sari nya, terkadang airnya suka keluar dari pinggiran tutupnya. Selain itu, kalau mau melihat makanan kita harus membuka tutupnya dulu baru bisa melihat makanan apa yang ada didalam. 

baby cubes food storage (image from google.com)
Karna masih kurang puas dengan food storages yang aku punya, akhirnya aku membeli kapasitfood storages lainnya dari Baby cubes. Aku coba untuk membeli kapasitas yang 70ml di masing - masing cubes nya. Sejauh ini aku suka, karna tutup nya lebih rapat dari Tommee tippie sehingga tidak bocor - bocor lagi kalau bawa puree. Selain itu wadahnya yg transparant memudahkan aku untuk memilih makanan Sada tanpa perlu membuka tutupnya.
 

7. Squeeze feeder 

Ok, last.. adalah Squeeze feeder punya ku dari NUBY. Diawal persiapan MPASI, salah satu alat makan yang aku beli adalah Nuby squueze feeder. Sebelum nya aku membayangkan kalau memberi makan Sada akan terlihat sulit dan membangkitkan rasa stress kembali hehehe.. Karna sama saja seperti diawal menyusui yang beradaptasi sehingga bisa menyebabkan puting lecet, begitu juga awal MPASI. Aku membayangkan Sada yang menolak makanan dan melihat peralatan makanan yang berwarna warni bisa saja terjadi dia memainkan alat makanan tersebut dan jadilah drama :D Setelah menjalani, ternyata Alhamdulillah memperkenalkan makanan ke Sada tidak sesulit yang aku kira. Sehingga squeeze feeder ini sampai sekarang sada umur 8 bulan masih rapih tersimpan dalam packagingnya. Ternyata aku pribadi memang belum membutuhkan squueze feeder ini. Jadi aku belum bisa memberikan review banyak tentang produk ini karna belum digunakan. Mungkin nanti akan cocok pada saat aku travelling? lets see.. :)



Ok selesai sudah aku sharing tentang alat makan basic yang memang kalian harus punya untuk memasuki tahapan MPASI. Sepertinya untuk harga yang memang lebih mahal sedikit kayanya boleh dipikir lagi deh untuk dijadikan pilihan. Hitung - hitung bisa investasi jangka panjang :) Apa yang aku sharing disini hanya berdasarkan opini pribadi aku ya, 

so why don't you all tell me what's your favourite feeding product :) 

 
Lihat juga ya Video nya di youtube 



Love,
Tanya & Sadajiwa
 

1 comment:

  1. Finally Anya punya blog!! gw juga suka Aden + Ananis soalnya motifnya ga bikin pusing atau keramean. Yang jual di IG juga udah ada bbrp online shop yah dengan harga bersaing hahahaha!!

    ReplyDelete