KISAH KEDUA

Tuesday, October 3, 2017

Memasuki Trimester Kedua, perasaan yang aku rasakan sangat berbeda waktu aku hamil Sada. Dari awal kehamilan, aku sering sekali merasakan backpain dan juga mual! Banyak yang cerita sama aku, Kehamilan kedua memang lebih melelahkan apalagi sambil mengurus anak yang sedang memasuki usia toddler :D Rasa kekhawatiran yang berlebihan sering aku rasakan.
Sepertinya berbeda dengan yang orang-orang suka ceritakan, kalau kehamilan kedua lebih cuek! Hal tersebut sama sekali ngga terjadi di aku. Aku sering panik kalau merasa perutku sakit, atau merasakan pusing yang berlebihan. Makanpun jadi susah, milih-milih.. Jarang banget makan nasi, maunya nyemil. Ngga ada rasa nyidam sama seperti kehamilan pertama, tapi kali ini makannya lebih susah!

Ada teman baikku yang sering cerita kalau dia selalu melakukan USG 4D ketika memasuki Trimester kedua, di Klinik Moegni, Menteng. Supaya dapat memastikan kelamin anak dan mengetahui perkembangan dari anak yang dikandungnya. Ok supaya hatiku lebih tenang, Akhirnya aku memutuskan untuk early booking. Senin kemarin tanggal 2 Oktober 2017 adalah giliranku untuk USG 4D di Klinik Moegni dengan dr.Bambang Karsono. SpOG(K) beliau adalah Dokter kandungan dan ahli Obstetrik. Beliau terkenal ahli dalam membaca USG 4D dan menjelaskan kepada pasiennya secara detail. Giliranku jam 8 malam, dan kami sengaja datang lebih awal karna takut terkena macet! Alhasil, ternyata ngaret jauhh sekali dari yang aku bayangkan. Aku baru masuk ke dalam ruangan untuk diperiksa pada jam 9.30 malam :D :D




Pertama kali ketemu, Dr.Bambang beliau sangat ramah sekali walaupun sudah larut malam. Proses USG tersebut memakan waktu yang cukup lama, sekitar 30 Menit. Beliau pun menjelaskan secara detail apa saja yang terdapat di layar USG . Beliau menjelaskan bahwa terdapat dua mata, hidung, dua telinga, bibir yang normal tidak sumbing (alhamdulillah, insya Allah). Setelah itu beliau melanjutkan menjelaskan bahwa terdapat jantung, liver, ginjal, paru-paru (sambil menunjukkan letak-letaknya). Detak jantung dan juga sirkulasi darah, juga jalur makanan dari ibu ke janin juga dijelaskan oleh dr.Bambang dan semuanya dalam keadaan normal alhmdulillah. Disela-sela beliau menjelaskan, akupun ngga sungkan untuk menanyakan semua pertanyaan yang ingin aku tanyakan Dan Beliaupun dengan sabar dan baik hati berusaha menjelaskan sambil melihat perkembangan janin. dr.Bambang tiba-tiba nyeletuk ketika sedang mengecek kelamin “Wahhh ini fix perempuan”. Kaget rasanya! WOW IT'S A BABY GIRL!!! Karna selama ini aku mempunyai feeling bahwa kehamilan kedua ini adalah anak lelaki lagi, ternyata dugaanku salah hehe. Kegunaan USG 4D memang lebih akurat untuk melihat jenis kelamin, karna dapat terlihat lebih detail.




Setelah selesai proses pengecekan kelamin dan juga perkembangan si adik, kami disuruh untuk menunggu di luar ruangan untuk menunggu hasil USG 4D yang berupa Map berisikan foto-foto USG 4D, invoice, hasil pemeriksaan dan juga CD yang berisikan USG si adik :) Oh iya! Biayanya sebesar Rp 1.000.000 dan kemarin aku membayarkannya dengan uang cash, karna aku dapat info harus bayar memakai uang cash.
Kesan yang ingin aku sharing ke kalian, adalah
1. Klinik Moegni terletak pas di depan Anomali Coffee Menteng
2. Tempat parkir terbatas
3. Toilet umumnya bersih (ini penting!)
4. Terdapat ruangan playroom untuk anak hanya berupa playmat dan beberapa mainan yang letaknya di pojok ruangan
5. Klinik tersebut bukan klinik khusus anak, jadi banyak pasien lain selain ibu hamil
6. Tidak terdapat banyak tempat duduk untuk menunggu (jadi kalau lagi penuh nunggunya di mobil)
7. Untuk perjanjian dokter kalian bisa atur jadwal dan hitung usia kandungan agar menentukan waktu yang tepat dan booking lebih awal, karna antriannya banyak sekali
8. Saran dari Dr.Bambang, untuk USG 4D awal ketika usia kandungan Minimal 22 Minggu.




Pengalaman pertama USG 4D dengan Dr.Bambang Karsono sangat baik. Pesan beliau yang sampai sekarang aku ingat adalah,
USG 4D dapat dilakukan 2x pada usia kandungan 22 minggu, berguna untuk melihat kelamin dan perkembangan janin (jumlah tulang rusuk, perlengkapan alat indera dan lainnya) Pada usia tersebut tidak ada janin yang kurus atau gemuk, karna nutrisi yang masuk difokuskan untuk perkembangan terlebih dahulu. Dan untuk USG 4D yang kedua kali pada usia kandungan 30 minggu untuk mengetahui pertumbuhan janin. Apakah janin tersebut memiliki pertumbuhan? Pada usia ini janin sudah terlihat lebih jelas pipi gemuk atau hidung mancung dan lainnya, juga dapat dikategorikan memiliki berat yang lebih dari rata-rata atau tidak, karna pada usia kehamilan tersebut sang janin sedang fokus dalam kesempurnaan dalam organ-organ dan juga berat badannya.

Semoga info ini bermanfaat untuk kalian ya :)



Love,
Tanya & Sadajiwa





4 comments:

  1. Kak tanya...ak baru kmrn dari klinik moegni di menteng usg 4D dg dokter bambang jg , iya bener kak dr bambang baik n ramah bgt ya seneng di periksa ma dia trs teliti bgt

    ReplyDelete
  2. Hi Kak Tanya, mau nanya..untuk cek di klinik moegni itu gak rutin cek disitu gpp kah? atau kita harus rutin kontrol disana? makasi kak :)

    ReplyDelete
  3. Kak Anya, mau nanya dulu disuruh dtg jam 8 mlm dpt antrian brp yah? Karena aku jg disuruh drg jam 8 mlm jg dgn antrian yg sudah panjang. Mohon di jawab, makasih kak

    ReplyDelete
  4. Selamat siang, aku baru mau booking lewat telepon tapi dari pagi aku telepon gak bisa bisa terus. ada nomor telepon lain kah? atau aku booking lgsg aja ke sana? Terima kasih

    ReplyDelete