mengASIhi Senja

Tuesday, April 10, 2018
Sebelum Senja anak kedua ku lahir, aku sudah sangat prepare untuk begadang tengah malam. Pokonya segala macam vitamin, sampai mindsetku pun sudahku persiapkan untuk tetap positive agar ASI ku nanti tidak ada hambatan. Senja lahir pada bulan Februari kemarin. Dan alhamdulillah anak ini baik sekali karna langsung pintar minum ASI. Dan ASI ku berupa kolostrum langsung keluar pada hari pertama Senja lahir.



MengASIhi Senja bisa dibilang sangat berbeda sekali sewaktu aku MengASIhi Sada. PDku membengkak pada saat hari ketiga aku di Rumah Sakit. Jadi sebelum pulangke rumah, aku menyempatkan untuk pumping terlebih dahulu di kamar bayi Rumah Sakit.
Ngga menyangka pertama kali Pumping aku bisa menghasilkan ASI sampai kurang lebih 100ml. Karna pada saat Sada lahir, ASIku pada hari pertama tidak keluar banyak melainkan hanya pada batas cukup. Proses Latch On pada Senja pun terasa lebih mudah. Yang tidak berubah adalah rasa sakit pada saat “menyusui lagi”, ternyata rasa sakitnya sama aja seperti 3 tahun lalu :D 
Ternyata proses menyusui itu, semua berawal dari 0 lagi.



Sampai dirumah setelah pulang dari Rumah Sakit, saatnya minum Booster ASI dan juga menyiapkan Breastfeeding Vitamin. Karena 1000 Hari pertama anak, adalah Periode emas kehidupan pertama mereka. Pada periode tersebut adalah masa pembentukan tumbuh kembang anak. Jadi sangat penting sekali untuk kita sebagai orangtua memperhatikan nutrisi yang kita konsumsi, karena ASI yang diterima oleh anak memiliki dampak jangka panjang terhadap kehidupaan saat usia dewasa kelak. Daun katuk biasanya menjadi “makanan” sehari-hari untuk breastfeeding mom. Kalau waktu Sada dulu, Mama mertua ku rajin sekali untuk kirim sayur daun katuk. Pokonya sampai rasa sayurnya pun aku hafal sangking seringnya aku makan!hehe Kalau Herbana ini adalah relief sari, Daun katuk versi modern kalau kataku :D Karna disetiap capsule terdapat sari daun katuk yang juga mengandung Zat besi. Karna zat besi sangat penting sekali untuk ibu menyusui agar terhindar dari Anemia.



Ini foto Senja ketika berumur 1 bulan.
Ternyata Senja cenderung lebih banyak tidur dibandingkan minum ASI. Senja bisa tidur 2-3jam, bahkan tengah malam Senja hanya bangun satu kali. Nahh.. Akibatnya PD ku membengkak pada minggu-minggu pertama waktu Senja masih berumur 1-2minggu. Sakittt sekali rasanya. Mau mandi ataupun pakai baju rasanya nyeri sekali dan aku sangat terganggu. Untungnya tidak di iringi dengan demam. Hampir setiap malam tidurku terganggu, bukan karna Senja yang selalu bangun tengah malam, melainkan PDku yang membengkak sehingga aku harus rutin untuk selalu di massage . Jadwal Pumpingku pun lebih ketat dari biasanya. Setiap 1 jam sekali.

Mengkonsumsi Booster ASI juga sempat aku berhentikan, karena produksi ASI ku yang semakin meningkat.Sampai diiketiak sebelah kananku tiba-tiba muncul benjolan karena ASI yang belum dikeluarkan. Setelah melewati masa-masa adaptasi 3 minggu pertama, benjolan di ketiak dan PD ku menghilang. Dan aku mulai mendapatkan “ritme” yang nyaman untuk mengASIhi Senja. Akupun mulai rutin mengkonsumsi Booster ASI lagi, Herbana Relief sari Daun katuk. Karena Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan paling kompleks yang mengandung zat gizi lengkap dan bahan bioaktif yang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang dan kesehatan bayi.


Jadi bagiku.. Memperhatikan nutrisi yang kita konsumsi selama menyusui sangat penting sekali sebagai kunci utama dalam perkembangan anak. Memberikan makanan yang baik, menciptakan situasi yang baik, dan menjaga anak dilingkungan yang baik adalah factor yang paling terpenting yang harus kita perhatikan sebagai orangtua dalam 1000 hari pertama kehidupan seorang anak.


Karena awal tumbuh kembang seorang anak akan berdampak pada kesehatan dan kecerdasannya di masa yang akan datang.



Love, 
Tanya & Sadajiwa & Senja


1 comment:

  1. Selamat atas anak keduanya mba Anya. Semoga Senja jadi anak yang berbakti dan bermanfaat untuk banyak orang kelak. Luvv

    ReplyDelete